Site Overlay

“Bapak Metode Ilmiah” Galileo Galilei

Selain memiliki julukan sebagai Bapak Metode Ilmiah, Galileo Galilei juga memiliki sebutan sebagai bapak ilmu fisika modern, dan bapak ilmu pengetahuan. Lahir pada 15 Februari 1564 di Pisa, Italia. Meninggal pada 8 Januari 1642, di Arcetri, Italia. Dia adalah orang yang memberi kita mata untuk melihat melampaui langit. Teleskop adalah penemuan nya yang membuat kita bisa melihat rahasia tersembunyi dari alam semesta, walaupun hanya sebagian kecil yang bisa terungkap dan kita lihat. Galileo Galilei adalah fondasi sistem intelijen militer yang saat ini banyak dibangun.

Bisa dikatakan semua penemuan-penemuan NASA yang ada dan dipakai saat ini adalah berkat upaya dari pria yang sudah ada berabad-abad lalu ini. Penemuan nya sangat menginspirasi banyak orang yang mau mengembangkan ilmu teknologi yang berhubungan dengan ilmiah dan ilmu fisika. Dia adalah anak pertama dari Vincenzo Galilei yang adalah seorang matematikawan dan musisi asal Florence.

Galileo Galilei

Sejak kecil ia sudah mendapatkan didikan dan mulai belajar di Universitas Pisa namun harus berhenti akibat masalah keuangan yang menyebabkannya tidak dapat melanjutkan pendidikannya. Berhentinya ia berkuliah di Universitas tersebut tidak lantas menghentikan nya dalam mendalami ilmu fisika, ia ditunjuk sebagai pengajar Geometri di Universitas  Padua pada tahun 1589 sampai 1610, dan dibuat sebagai iluman andalan pada kala itu.

TEORI GALILEO

Galileo Galilei

Setelah itu, pada tahun 1612 ia pergi ke Roma dan bergabung dengan Accademia dei Lincei untuk mengamati bintik matahari. Teorinya yang mengatakan jika “bumi memiliki pergerakan yang mana bergerak mengelilingi matahari” membuat dia ditentang banyak orang dan bahkan pada tahung 1632 Gereja Katolik menjatuhi hukuman untuk menahannya. Pada tahun 1633, ia diperbolehkan pensiun dan pergi ke vilanya di Arcetri.

Banyak sekali teori-teori nya yang banyak di kenal orang diseluruh dunia. Salah satunya teorinya yang mengatakan tentang “pasang surut air laut”. Ia mengatakan jika itu disebabkan karena maju mundurnya air laut saat titil dipermukaan bumi menlaju dan melambat karena rotasi bumi pada porosnya. Tentu kita sudah banyak mengetahui tentang teori tersebut pada pelajaran kita waktu di sekolah. Walaupun dia telah lama meninggal namun semua teori-teori yang dimilikinya banyak dikembangkan dalam dunia fisika.

Galileo Galilei